10 Jul

Tips Mudah Nonaktifkan Autoplay Youtube Versi Web dan Mobile

Kian hari layanan streaming YouTube kian populer. Hal ini dikarenakan YouTube menghadirkan semua konten video mulai dari video musik, trailer film, video lucu, review, tutorial dan beragam video lainnya. Anda dapat meng-upload, menonton dan men-download beragam video di YouTube.

Beragam fitur menarik hadir di YouTube salah satunya Autoplay. Awalnya fitur ini hanya tersedia jika Anda membuka YouTube versi web di PC ataupun laptop. Kemudian fitur Autoplay tersebut hadir dalam versi mobile untuk smartphone Android. Dengan fitur ini video populer akan secara otomatis diputar di YouTube.

Fitur ini barangkali memang sangat cocok bagi mereka yang ingin video bisa diputar otomatis, namun beberapa orang lain justru menganggap fitur ini sebagai penguras kuota internet. Jika Anda lebih sering memutar video Youtube di komputer daripada di smartphone, tentunya Anda ingin tahu cara mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur Autoplay.

Tips Mudah Nonaktifkan Autoplay Youtube Versi Web dan Mobile

Dalam versi web, fitur Autoplay terletak di bagian ‘What to watch next’. Di sana terdapat sebuah toggle yang bisa Anda atur, saat ON warnanya biru dan saat dimatikan warnanya berubah menjadi abu-abu.

YouTube secara otomatis mengurutkan video yang memiliki kategori atau genre sama dengan yang tengah diputar. Video-video tersebut secara otomatis diletakkan dalam daftar autoplay video yang akan diputar berikutnya. Jika Autoplay aktif, maka next video akan diputar otomatis setelah jeda waktu 15 detik.

Pengelompokan video secara otomatis yang dilakukan Youtube harus diakui cukup akurat. Jika Anda kerap nonton video gamesdi PC melalui Youtube, bisa dipastikan akan ada banyak video dalam daftar ‘What to play next’. Meski begitu, tak dipungkiri akan ada satu atau dua video-video tidak bermutu yang Anda anggap tidak berkaitan dengan apa yang tengah Anda tonton. Dalam hal ini mematikan fitur Autoplay adalah opsi terbaik.

Berikut cara menonaktifkan fitur AutoPlay YouTube versi web di PC ataupun Laptop.

1. Pertama-tama akses website YouTube.com di browser Anda.

2. Putar video yang Anda inginkan.

3. Perhatikan di kanan atas, ada bagian bernama “What to watch next” di mana daftar video terkait terlihat di sana. Kemudian terdapat sebuah toggle dengan keterangan Autoplay.

4. Untuk mengaturnya cukup mudah, geser toggle ke arah kiri hingga berwarna abu-abu untuk mematikan fitur Autoplay. Sebaliknya, kembalikan ke arah kanan hingga toggle berwarna biru untuk mengaktifkan Autoplay.

Tips Mudah Nonaktifkan Autoplay Youtube Versi Web dan Mobile

Selain cara di atas, mematikan fitur Autoplay Youtube versi web di laptop ataupun PC juga bisa dilakukan langsung di video yang Anda putar. Caranya cukup mudah, letakkan kursor di video hingga keluar opsi di bagian bawah video. Kemudian klik ikon setting gear lalu geser ke kanan atau kiri pada fitur Autoplay untuk mengaktifkan dan menonaktifkan.

Jika Anda lebih sering membuka YouTube dalam versi aplikasi di smartphone, Anda dapat menonaktifkan atau mengaktifkan fitur Autoplay dengan mudah. Berikut ulasannya.

1. Buka aplikasi YouTube di smartphone ataupun tablet Anda.

2. Tekan menu yang ada di pojok kanan atas.

3. Kemudian pilih setting.

4. Lalu tekan general. Di sana terlihat fitur Autoplay.

5. Cara mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Autoplay sama dengan versi web. Geser toggle ke arah kiri hingga berwarna abu-abu untuk mematikan fitur Autoplay. Sebaliknya, kembalikan ke arah kanan hingga toggle berwarna biru untuk mengaktifkan Autoplay.

Semoga tips ini dapat membantu Anda untuk mengatur fitur Autoplay baik versi web melalui komputer dan versi mobile melalui smartphone. Selamat mencoba.